Assalammualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Apa kegiatan yang biasa dilakukan di akhir semester ganjil? Benar sekali! Penilaian Akhir Semester (PAS).
Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil. Penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.
Lantas, bagaimana pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) ini? Yuk, simak pembahasan mengenai PAS berikut ini, mulai dari pengertian, tujuan, pelaksanaan, hingga tips menghadapi PAS untuk siswa yang bisa Bapak dan Ibu guru berikan pada siswa.
Pengertian Penilaian Akhir Semester (PAS)
Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh setiap sekolah pada akhir semester ganjil. Kegiatan penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.
Penilaian Akhir Semester (PAS) ini dulunya dikenal dengan istilah Ujian Akhir Semester. Cakupan penilaiannya meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.
Berbeda dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT), hasil PAS tidak digunakan untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa. Meskipun demikian, hasil PAS tetap menjadi tolak ukur ketuntasan belajar siswa.
Umumnya, PAS dilaksanakan di pada akhir semester ganjil, yakni sekitaran bulan Desember. Mata pelajaran yang diujikan meliputi semua mata pelajaran dengan materi yang sudah dipelajari siswa selama semester ganjil.
Tujuan Penilaian Akhir Semester (PAS)
Tujuan utama Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.
Melalui penilaian ini guru dapat menilai dan mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, serta mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan selama satu semester.
Jika hasil penilaian ternyata kurang memuaskan, guru dan siswa dapat melakukan perbaikan. Misalnya, perbaikan dari cara menyampaikan pembelajaran.
Melalui PAS, guru juga bisa melakukan evaluasi terhadap program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pembelajaran yang berkesinambungan.
Lebih lanjut, hasil PAS dapat dimanfaatkan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa dan pengisian rapor siswa sebagai laporan kepada orang tua siswa mengenai pembelajaran anaknya selama semester ganjil.
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS)
Berikut adalah langkah-langkah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) secara garis besar.
1. Jadwal Pelaksanaan
Jadwal pelaksanaan PAS akan dirilis oleh pemerintah daerah melalui kalender akademik setiap tahun ajaran.Kalender akademis ini akan menjadi panduan setiap sekolah dalam menentukan jadwal pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).
Berhubung jadwal pelaksanaan ini dirilis oleh pemerintah daerah, itu artinya sekolah di satu wilayah dengan wilayah lainnya bisa melaksanakan PAS yang berbeda. Misalnya, pelaksanaan PAS sekolah di Jawa Tengah seminggu lebih lambat dibandingkan sekolah lain di wilayah Jawa Timur.
Meskipun demikian, jadwal pelaksanaan PAS pastinya dilaksanakan pada akhir semester ganjil.
Pelaksanaan PAS juga dilakukan oleh sekolah secara bersama-sama untuk seluruh mata pelajaran di akhir semester.
2. Mempersiapkan Administrasi PAS
Setelah mendapatkan jadwal pelaksanaan PAS, guru di sekolah mulai mempersiapkan administrasi PAS yang meliputi panduan penilaian akhir semester, laporan penilaian akhir semester, kisi-kisi soal untuk siswa, dan soal-soal yang akan diujikan pada PAS.
Soal-soal PAS biasanya dibuat sendiri oleh guru pengampu mata pelajaran dengan menyesuaikannya pada materi yang telah diajarkan kepada siswa. Soal dapat berbentuk tes tertulis, lisan, maupun perbuatan. Tes tertulis dapat berbentuk soal pilihan ganda, isian, dan uraian.
Sementara untuk mata pelajaran yang diujikan meliputi semua mata pelajaran. Mulai dari Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, hingga Muatan Lokal.
3. Penilaian PAS
Setelah siswa selesai melaksanakan PAS, selanjutnya guru akan mengolah dan menganalisis hasil PAS.
Adapun cakupan Penilaian Akhir Semester (PAS) meliputi semua indikator yang merepresentasikan seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut. Hasil PAS ini dapat digunakan untuk menentukan ketuntasan siswa dalam belajar.
Pada Kurikulum Merdeka, ketuntasan belajar siswa dilihat berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang terdiri dari deskripsi kriteria, rubrik performa, interval nilai, interval nilai yang diolah dari rubrik, dan memperhatikan kompetensi yang ada dalam tujuan pembelajaran.
Siswa yang belum tuntas harus mengikuti perbaikan atau remedial, sedangkan siswa yang dinyatakan tuntas dalam mencapai KD di semester ganjil biasanya disarankan untuk mempertahankan atau meningkatkan nilainya agar tidak turun pada semester berikutnya.
4. Menginformasikan Hasil PAS
Hasil PAS yang sudah diolah dan dianalisis guru selanjutnya akan diinformasikan kepada siswa dan orang tuanya dalam bentuk laporan penilaian hasil belajar (rapor). Hasil penilaian ini diinformasikan paling cepat satu minggu setelah pelaksanaan PAS.
Tips Menghadapi PAS
Mendapatkan nilai PAS yang sempurna tentu menjadi impian banyak siswa. Agar impian tersebut dapat tercapai, Bapak dan Ibu guru bisa memberikan siswa tips menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) berikut ini.
1. Mulai Persiapan Lebih Awal
Kebanyakan siswa mungkin baru mulai mempersiapkan diri ketika sudah mendekati waktu pelaksanaan PAS. Padahal, cara ini akan membuat mereka kesulitan karena materi yang dipelajari tentu akan sangat banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Bapak dan Ibu guru menyarankan siswa untuk mulai melakukan persiapan lebih awal.
Hal ini akan memberikan siswa cukup waktu untuk meninjau semua materi yang telah dipelajari selama semester ganjil. Dengan begitu, siswa lebih siap untuk menghadapi PAS dan bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
2. Latihan Mengerjakan Soal-soal Ujian Lama
Tips menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) yang bisa Bapak dan Ibu guru berikan kepada siswa berikutnya adalah latihan mengerjakan soal-soal ujian yang lama.
Latihan mengerjakan soal-soal ujian lama akan membuat siswa terbiasa dengan format dan struktur pertanyaan. Siswa juga bisa mengukur waktu yang dibutuhkannya untuk mengerjakan satu soal.
3. Belajar Kelompok Persiapan PAS
Sebagian siswa ada yang mudah merasa bosan ketika belajar sendiri. Untuk tipe siswa yang seperti ini, Bapak dan Ibu guru bisa menyarankan mereka untuk membuat kelompok belajar persiapan PAS.
Selain dapat mengatasi rasa bosan karena belajar sendiri, belajar kelompok juga dapat membuat siswa saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Siswa juga bisa berdiskusi mengenai latihan soal PAS dan pembahasannya bersama teman-teman.
Namun, kegiatan belajar kelompok ini harus dilakukan dengan serius dan disiplin. Pasalnya, sering kali kegiatan belajar ini membuat siswa tidak fokus belajar dan justru main bersama teman.
4. Bertanya Pada Guru Materi yang Belum Dipahami
Bapak dan Ibu guru juga bisa memberikan siswa kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum PAS dilaksanakan. Sebab, tidak semua siswa bisa langsung paham saat menerima materi yang diajarkan.
Sebagian siswa mungkin membutuhkan beberapa kali penjelasan agar benar-benar memahami materi pelajaran dan konsep secara maksimal.
Demikian pembahasan mengenai Penilaian Akhir Semester (PAS), mulai dari pengertian, tujuan, pelaksanaan, hingga tips yang bisa diberikan kepada siswa saat menghadapi PAS. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya.
courtesy : https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/penilaian-akhir-semester/